cover
Contact Name
Galih Dani Septiyan Rahayu
Contact Email
galih040990@ikipsiliwangi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
galih040990@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
ABDIMAS SILIWANGI
ISSN : 26147629     EISSN : 26146339     DOI : -
Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as well as the results of dedication to the community in the field of formal education, nonformal and informal.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019)" : 5 Documents clear
IbBM PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN“INSTRUCTIONAL GAME”UNTUK PENINGKATAN PROFESIONALISME BAGI PENDIDIK PAUD SE KECAMATAN CIHIDEUNG KOTA TASIKMALAYA syaefuddin syaefuddin; Lulu Yuliani; Lesi Oktiwanti
Abdimas Siliwangi Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.555 KB) | DOI: 10.22460/as.v2i1p23-29.2498

Abstract

Tujuan umum dalam rencana pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan mutu pendidik PAUD di Kecamatan Cihideung  Kota Tasikmalaya melalui pendampingan dalam kerangka meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan Model Pembelajaran“Instructional Game”Untuk Peningkatan Profesionalisme Bagi  Pendidik Paud. Jenis luaran yang dihasilkan dari pelatihan melalui pendampingan ini adalah peningkatan kompetensi tutor dalam menerapkan model Pembelajaran“Instructional Game” pada pembelajaran PAUD. Berdasarkan penemuan dilapangan dan hasil wawancara dengan tutor PAUD di kecamatan Cihideung  Kota Tasikmalaya pada umumnya mengharapkan seminar, dan pendampingan dalam  penerapan  model Pembelajaran“Instructional Game”Untuk Peningkatan Profesionalisme pendidik PAUD. Target yang ditetapkan dalam Pengabdian Masyarakat Iptek bagi Bina Masyarakat (IbBm) adalah Tutor diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan model Pembelajaran “Instructional Game”. Tim pelaksana dalam kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat  ini berasal dari Perguruan Tinggi dari Stap pengajar Pendidikan Luar Sekolah UNSIL 3 orang sebagai dari bidang kepakaran Pendidikan Kemasyarakatan Non Formal dan Informal sebagai  pendamping/ nara sumber.
PROGRAM PENDAMPINGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DESA ADAT SENARU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK-ANAK DESA ADAT SENARU Euis Eti Rohaeti; Putri Nabila N.S; Anas Muharrom
Abdimas Siliwangi Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (797.63 KB) | DOI: 10.22460/as.v2i1p30-40.2501

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu bagian dari tridharma perguruan tinggi. Oleh karena itu, menjadi suatu kewajiban bagi setiap dosen dan sivitas akademika lainnya untuk terlibat dalam program pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksankan di desa adat Senaru Kecamatan bayan Kabupaten Lombok utara dengan tujuan jangka panjang program pengabdian ini adalah mengembangkan suatu pembelajaran ekstrakulikuler dengan pendampingan berbasis kearifan lokal bagi anak-anak usia SD. Secara khusus, tujuan yang ingin dicapai sebagai berikut: (1). Meningkatkan motivasi belajar anak-anak SD di Desa adat Senaru; (2). Melestarikan kearifan lokal Desa adat Senaru. Metode yang akan dipakai dalam upaya pencapaian tujuan tersebut memalui pendampingan berbasis kearfian lokal yang langkah-langkahnya terdiri dari: (1). mengkaji kearfian lokal; (2). mempersiapkan materi yang sesuai dengan usia SD khusunya mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia; (3). Melakukan pendampingan berbasis kearifan lokal; (4). Melakukan refleksi dan terkait proses pendampingan; (d). Evaluasi kegiatan pendampingan berbasis kearifan lokal. Hasil dari pengabdian ini terdapat peningkatan motivasi belajar siswa
PELATIHAN SMK3 KEPADA SISWA SMKS MUHAMMADIYAH CILEGON DAN SMK AL-INSAN CILEGON UNTUK MENAMBAH WAWASAN DAN MEMBANTU MENJADIKAN SISWA YANG SIAP KERJA Arif Rahman; Surya Perdana
Abdimas Siliwangi Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.902 KB) | DOI: 10.22460/as.v2i1p1-10.2045

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi mengenai Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) untuk menambah wawasan sebelum masuk ke dunia kerja. Target luaran kegiatan ini adalah menghasilkan modul Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan juga daftar Alat Pelindung Diri yang sering digunakan di dunia kerja. Metode yang dilakukan dalam pelaksaan abdimas dibagi menjadi dua tahapan, pada tahap pertama dilakukan observasi langsung, yaitu: tim abdimas datang ke lokasi langsung dalam rangka memperoleh data. Hal ini dilakukan pada saat menjelang maupun pada saat kegiatan berlangsung. Tahap kedua. Penyuluhan, yaitu: tim pengabdi mengajarkan dan menerangkan secara langsung perihal materi Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) kepada peserta didik guna mendapatkan tambahan wawasan sebelum memasuki ke dunia kerja. Pengajaran dilakukan 3 kali tatap muka agar peserta didik di SMKS Muhammadiyah Cilegon dan SMK Al-Insan Cilegon menjadi lebih siap menghadapi dunia kerja.
PELATIHAN KURIKULUM 2013 DI TINGKAT SEKOLAH DASAR R Mekar Ismayani
Abdimas Siliwangi Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.724 KB) | DOI: 10.22460/as.v2i1p11-16.2324

Abstract

Pergantian kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau selanjutnya disebut kurikulum 2006 ke kurikulum 2013 menimbulkan polemik di kalangan sekolah baik di tingkat sekolah dasar maupun tingkat sekolah menengah. Banyak guru yang masih kebingungan dalam pengimplementasian kurikulum 2013 ini. Di tingkat sekolah dasar dan sederajat seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI) pembelajaran menjadi bersifat tematik (terpadu). Belum lagi bentuk evaluasi yang mengintegrasikan penilaian sikap dan kognitif yang harus dilakukan pada setiap proses pembelajaran hal itu menyulitkan para guru terutama sekolah yang dalam satu kelas termasuk ke dalam katagori kelas gemuk. Artikel ini membahas hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) yang dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2014. Pelatihan ini dilakukan dengan sasaran guru-guru MI Darul Furqon Lembang dengan tujuan agar guru mendapat pencerahan dan tambahan wawasan dalam pengimplementasian kurikulum 2013 mulai dari perencanaan (penyusunan RPP dan jadwal) pelaksanaan proses pembelajaran tematik, dan penilaian. Dengan dilaksanakan pelatihan ini secara tidak langsung meningkatkan kompetensi guru dalam pengimlementasian kurikulum 2013.
PENINGKATAN KAPASITAS MASYARAKAT DI DAS CITARUM MELALUI PROGRAM PARENTING Ansori Ansori; Tiffany Estherlita
Abdimas Siliwangi Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : IKIP SILIWANGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.407 KB) | DOI: 10.22460/as.v2i1p17-22.2497

Abstract

Program pengabdian masyarakat merupakan kegiatan seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat IKIP SILIWANGI angkatan tahun 2015 menetapkan Bening Saguling Foundation yang berada Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Kampung Babakan Cianjur, Desa Cihampelas, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat sebagai tempat pelaksanaan program pengabdian. Berdasarkan hasil identifikasi ditemukan adanya beberapa masalah yang ada di masyarakat seperti tingginya angka putus sekolah dan pernikahan dini. Hal ini berdampak pada minimnya pemahaman akan pola asuh yang tepat dalam mendidik anak. Maka dari itu dilaksanakan sebuah program pemberdayaan perempuan melalui kegiatan parenting dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat di DAS Citarum. Metode pelaksanaannya berupa pendekatan pendampingan, pelatihan dan pembinaan melalui kegiatan seminar dengan sasaran program ibu-ibu sekitar. Adapun hasil yang didapatkan adalah meningkatnya pemahaman tentang pola asuh yang tepat dalam mendidik anak. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5